Riset ini berupaya mengevaluasi dampak penggunaan media flash card terhadap keterampilan membaca siswa kelas II di SDN Tegal Cabe, Kota Cilegon. Riset didasari oleh permasalahan rendahnya keterampilan membaca pada tingkat dasar, yang disebabkan oleh kurangnya motivasi dan metode pembelajaran yang kurang menarik. Eksperimen menjadi cara bedah dengan desain pre-test post-test control group. Terdiri dari dua kelompok kelas sebagai sampel, yakni kelompok eksperimen yang menggunakan media flash card dan kelompok kontrol yang menggunakan kartu kata tanpa gambar, masing-masing terdiri dari 15 siswa. Hasil riset mengungkap adanya peningkatan keterampilan membaca yang signifikan pada kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol, dengan nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen mencapai 82,33, sedangkan kelompok kontrol hanya 66,00. Analisis statistik dengan uji-t mengungkapkan bahwa nilai t-hitung (2,240) melebihi t-tabel (1,701) pada taraf signifikansi 95%, sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak. Temuan ini mengindikasikan bahwa penggunaan media flash card terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa. Kesimpulannya, media flash card merupakan alternatif yang efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca di tingkat sekolah dasar, dan perlu dilakukan pengembangan lebih lanjut dalam metode pengajaran yang inovatif.
Copyrights © 2024