KOLEKTIF: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran
Vol. 1 No. 2 (2024): December

Pengaruh Model SQ3R Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Cerpen Siswa Sekolah Dasar

Aisah, Ratu Putri (Unknown)
Unaenah, Een (Unknown)
Nurfadhillah, Septy (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2024

Abstract

Riset ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dalam upaya peningkatan kemampuan membaca pemahaman teks cerpen siswa kelas V SDN Padek 2 Kota Serang. Latar belakang riset ini didasari oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa yang masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Eksperimen semu digunakan sebagai cara bedah riset dengan desain pre-test post-test group control, melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model SQ3R dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Hasil riset menunjukkan bahwa model SQ3R mampu meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa, ditandai dengan peningkatan signifikan pada skor post-test rata-rata di kelas eksperimen dari 63,9 menjadi 81,7, dibandingkan dengan peningkatan di kelas kontrol dari 61,23 menjadi 75,85. Uji hipotesis juga memperkuat temuan ini, dengan t-hitung ≥ t-tabel (2,577 ≥ 2,002), yang berarti terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan model SQ3R terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa. Kesimpulannya, model SQ3R memberikan dampak positif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa dan direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran yang efektif di sekolah dasar untuk memperbaiki kualitas literasi siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

kolektif

Publisher

Subject

Education

Description

KOLEKTIF: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran merupakan jurnal open-access dan peer-reviewed yang diterbitkan empat (4) kali dalam setahun, yakni pada bulan Maret, Juni, September dan Desember. Isi jurnal dikelola oleh Diskresi Publishing yang berada diterbitkan oleh CV ALFA EDU KARYA. ...