Economica Didactica
Vol 5, No 1 (2024): Economica Didactica

Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Minat Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Krueng Sabee

Abdul Majid, Ruaida (Unknown)
A. Jalil, Zakaria (Unknown)
Rusli, Zulfadhli (Unknown)
Santika, Fera (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2024

Abstract

Minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi adalah kecenderungan yang mengandung komponen perasaan bahagia, perhatian, dukungan, dan kerinduan untuk melanjutkan sekolah setelah lulus dari sekolah menengah atas. Pengambilan keputusan peserta didik untuk melanjutkan pedidikan juga dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah faktor teman sejawat. Lingkungan pertemanan adalah pergaulan dengan orang-orang yang usia dan statusnya dekat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap minat melanjutkan studi keperguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Krueng Sabee. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XII SMA Negeri 1 Krueng Sabee dengan jumlah sampel 44 siswa.Teknik pengumpulan data mengunakan angket dengan 29 pertanyaan. Teknik analissis data yang digunakan adalah uji pengaruh dengan mengunakan uji regresi linear sederhana, hasil persamaan regresi Y=45,268 + 0,448 X. Dari hasil analisis yang diperoleh terdapat pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Krueng Sabee. Hal ini terbukti dari hasil thitung ttabel yaitu 4,121 1,6819. Selain itu, nilai R Square sebesar 0,288, berarti besarnya variabel lingkungan teman sebaya terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi adalah 28,8% sedangkan 71,2 % disebabkan oleh berbagai faktor yang tidak dibahas dalam tinjauan ini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JED

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

The Journal of Economica Didactica offers original articles on teaching economics. In its pages, leading scholars evaluate innovations in teaching techniques, materials, and programs. Instructors of introductory through graduate level economics will find the journal an indispensable resource for ...