Economica Didactica
Vol 5, No 1 (2024): Economica Didactica

Pengaruh Perilaku Belajar dan Kecerdasan Emosional terhadap Pemahaman Siswa dalam Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Bireuen

Ulfa, Nadia (Unknown)
A. Jalil, Zakaria (Unknown)
Abdul Majid, Ruaida (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2024

Abstract

Dalam pengalaman mengajar, perilaku belajar siswa dan kemampuan mengapresiasi orang secara mendalam merupakan salah satu variabel yang menyebabkan tinggi rendahnya derajat pemahaman siswa terhadap suatu mata pelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perilaku belajardan kecerdasan emosional terhadap pemahaman siswa. Penelitian ini ini menggunakan penelitian deskriptif dengan metodologi kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan uji determinasi R2 (Rsquare) setelah prasyarat pengujian terpenuhi.. Populasi adalah siswa kelas X, XI dan XII Jurusan IPS di Madrasah Aliyah Negeri 2 Bireuen yang berjumlah 69 siswa. 1) besarnya pengaruh perilaku belajar terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi di MAN 2 Bireuen memperoleh nilai thitung 2,630 ttabel 1.66792 dengan taraf signifikansi 0,011 0,05 dan R2 (RSquare) sebesar 0,094. 2) besarnya pengaruh kecerdasan emosional terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran ekonomi di MAN 2 Bireuen memperoleh nilai thitung -5.276 ttabel 1.66792 dengan taraf signifikansi 0,000 0,05 dan R2 (RSquare) sebesar 0,293. Dengan demikian berarti Ha diterima dan H0 ditolak sehingga hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh variabel perilaku belajar (X1) dan kecerdasan emosional (X2) terhadap pemahaman siswa (Y) dapat diterima. Dan besarnya pengaruh dari masing-masing variabel adalah X1 = 9,4% dan X2 = 29,3%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa perilaku belajar dan kecerdasan emosional berdampak pada pemahaman siswa dalam menafsirkan mata pelajaran ekonomi bagi siswa IPS di MAN 2 Bireuen.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JED

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

The Journal of Economica Didactica offers original articles on teaching economics. In its pages, leading scholars evaluate innovations in teaching techniques, materials, and programs. Instructors of introductory through graduate level economics will find the journal an indispensable resource for ...