Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi
Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VI SD DI KOTA RANGKASBITUNG

Usmaedi Usmaedi (STKIP Setia Budhi Rangkasbitung)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2017

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pambelajaran dan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VI SD di kota Rangkasbitung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu atau quasi experiment dengan desain penelitian Non-equivalent Control Group Design. Seluruh analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS 20 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berpengaruh 68,50% terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VI SD di kota Rangkasbitung. Model pembelajaran tidak berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VI SD di kota Rangkasbitung. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Berpikir Kritis, Hasil Belajar

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpds

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi digagas untuk memberi wadah publikasi bagi dosen, guru, peneliti dan praktisi Pendidikan Dasar yang bertujuan untuk menampung gagasan dan kajian yang dilengkapi dengan hasil penelitian pada sekolah ...