Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi
Vol 8 No 1 (2024): Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi

PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD BERBASIS CANVA MATERI MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS I SEKOLAH DASAR

Ai Sri Hardiyanti (Universitas Setia Budhi Rangkasbitung)
Suherman Suherman (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Taufik Hidayat Suharto (Universitas Setia Budhi Rangkasbitung)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2024

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh kesulitan membaca siswa khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia karena merupakan mata pelajaran yang kurang diminati oleh siswa, karena kurangnya media pembelajaran yang menunjang dalam proses pembelajaran, sehingga minat baca anak sangat rendah. Melalui pengembangan media flash card diharapkan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan. Untuk mengidetinfikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan atau Reserch and Develompent (R&D). Pengembangan dilakukan menggunakan tahapan ADDIE yaitu Analysis, (Analisis),Desaign (Perencanaan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini berbentuk media flash card bahasa indonesia pada materi abjad. Spesifikasi produk yang dihasilkan yaitu berupa kartu yang berukuran 9x14 cm menggunakan aplikasi canva.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpds

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi digagas untuk memberi wadah publikasi bagi dosen, guru, peneliti dan praktisi Pendidikan Dasar yang bertujuan untuk menampung gagasan dan kajian yang dilengkapi dengan hasil penelitian pada sekolah ...