Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi
Vol 8 No 1 (2024): Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi

PENGARUH METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SDN 2 NARIMBANG MULIA

Deniana Rosye (Universitas Setia Budhi Rangkasbitung)
Dine Trio Ratnasari (Universitas Setia Budhi Rangkasbitung)
Yuyun Yuningsih (Universitas Setia Budhi Rangkasbitung)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di kelas III SDN 2 Narimbang Mulia. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi experimental desain (non equivalent control group design) dengan kegiatan pretest dan posttest yang dilakukan di kelas III SDN 2 Narimbang Mulia. Peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas III A sebagai kelas eksperimen berjumlah 20 siswa dan kelas III B sebagai kelas kontrol berjumlah 20 siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan hasil penelitian dapat dilihat dari rata rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran CIRC adalah 73,5 sedangkan hasil belajar menggunakan model pembelajaran konvensional 64,75. Berdasarkan uji T dimana diperoleh Sig 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis H1 yang menyatakan “Ada pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap hasil belajar bahasa Indonesia di kelas III SDN 2 Narimbang Mulia” diterima

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpds

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi digagas untuk memberi wadah publikasi bagi dosen, guru, peneliti dan praktisi Pendidikan Dasar yang bertujuan untuk menampung gagasan dan kajian yang dilengkapi dengan hasil penelitian pada sekolah ...