Jurnal Jendela Matematika
Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Jendela Matematika: Edisi Juli 2023

Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Fauzia, Sippa (Unknown)
Mashuri, Anwas (Unknown)
Sasomo, Budi (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2023

Abstract

Penelitian memiliki untuk mengetahui adanya perbedaan kemampuan pemahaman matematika siswa yang menggunakan metode Realistic Mathematics Education (RME) dan Untuk mengetahui pengaruh pengunaan metode RME terhadap hasil belajar. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian. Pada desain ini melibatkan dua kelompok, akan tetapi pengukuran atau observasi dilakukan dua kali, pre-test dan post-test. Pada penelitian ini menggunakan 2 sampel adalah seluruh siswa kelas VII C dengan jumlah 27 siswa dan kelas VII D dengan jumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan perhitungan statistik. Uji statistik yang digunakan yaitu Uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan dengan uji T diperoleh nilai t hitung (t stat) > t tabel (t critical two tail) 6,590 > 2,059 adalah maka H_0 ditolak, dapat dikatakan bahwa ada perbedaan siswa sebelum dan sesudah menerima perlakuan kegiatan Kegiatan pembelajaran dengan model RME dilihat hasil hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JJM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Jendela Matematika dengan ISSN 2985-9875 (online) dan 2986-7134 (cetak) merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh CV. Jendela Edukasi Indonesia dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang matematika, pendidikan matematika, statistika, pengembangan pembelajaran ...