Jurnal Jendela Matematika
Vol. 1 No. 2 (2023): Jurnal Jendela Matematika: Edisi Juli 2023

Eksperimentasi Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition Terhadap Pemahaman Konsep Matematika: indonesia

Wati, Junita Ulfa Munah (Unknown)
Mashuri, Anwas (Unknown)
Rahmawati, Arum Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2023

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pemahaman konsep pada pelajaran matematika siswa kelas X SMKN 1 Gerih dengan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR). Penelitian ini dilakukan menggunakan desain penelitian true experimental design dengan bentuk pretest-posttest control grup design. Penelitian yang peneliti teliti terdiri dari dua kelompok yang memiliki distribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis yang digunakan yaitu uji-t tidak berpasangan (independent). Kesimpulan dari hasil penelitian diantaranya yaitu (1) diperoleh perbedaan dan peningkatan pemahaman konsep matematika menggunakan model pembelajaran AIR dengan rerata 76,931 dan model pembelajaran konvensional mendapat rerata 69,793. (2) penerapan model pembelajaran AIR lebih baik terlihat dari (3) respon siswa positif dan kebanyakan setuju terhadap penerapan model pembelajaran AIR.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JJM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Jendela Matematika dengan ISSN 2985-9875 (online) dan 2986-7134 (cetak) merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh CV. Jendela Edukasi Indonesia dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang matematika, pendidikan matematika, statistika, pengembangan pembelajaran ...