Jurnal Jendela Matematika
Vol. 2 No. 01 (2024): Jurnal Jendela Matematika: Edisi Januari 2024

Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa

Anwas Mashuri (STKIP Modern Ngawi)
Budi Sasomo (STKIP Modern Ngawi)
Mega Septia Dwi Lestari (STKIP Modern Ngawi)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis dalam memecahkan masalah matematika siswa ditinjau dari gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, gaya belajar kinestetik. Penentuan subjek penelitian menggunakan angket gaya belajar yang diberikan kepada 27 siswa kelas VII B kemudian dipilih 2 dalam setiap gaya belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 orang siswa yang diambil dari kelas VII B, yaitu 2 siswa gaya belajar visual, 2 siswa gaya belajar auditorial, dan 2 siswa gaya belajar kinestetik. Dalam penelitian ini menggunakan 5 tahapan berpikir kritis. Hasil penelitian ini subjek dengan gaya belajar visual, untuk subjek 1 mampu dalam dalam 5 tahapan berpikir kritis pada soal 1 dan 2, namun subjek 2 tidak mampu dalam menuliskan kesimpulan pada soal 1 dan 2. Subjek dengan gaya belajar auditorial, untuk subjek 1 mampu dalam 5 tahapan berpikir kritis pada soal 1 dan 2, namun subjek 2 tidak mampu dalam mengidentifikasi masalah yang relevan pada soal 1 dan mampu dengan 5 tahapan berpikir kritis pada soal 2. Subjek dengan gaya belajar kinestetik yaitu subjek 1 dan 2 mampu dengan 5 tahapan berpikir kritis pada soal 1 dan 2.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JJM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Jendela Matematika dengan ISSN 2985-9875 (online) dan 2986-7134 (cetak) merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh CV. Jendela Edukasi Indonesia dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang matematika, pendidikan matematika, statistika, pengembangan pembelajaran ...