Jurnal Jendela Matematika
Vol. 2 No. 01 (2024): Jurnal Jendela Matematika: Edisi Januari 2024

Kajian Umum Hubungan Antara Kecerdasan dan Pendekatan Ilmu Pengetahuan Siswa Kelas X Dalam Mmeilih Jurusan di SMA Amir Hamzah Medan: -

Hidayat, Muhammad Arif (Unknown)
Hasibuan, Marhan (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2024

Abstract

Pendekatan saintifik merupakan suatu gagasan atau konsep untuk mencapai suatu tujuan, khususnya dalam bidang ilmu pengetahuan. Pembelajaran yang dikaitkan dengan metode ilmiah mengacu pada pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa sehingga siswa secara aktif  mengidentifikasi, merumuskan masalah, mengajukan atau membentuk hipotesis, mengumpulkan data dengan menggunakan teknik yang berbeda-beda, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengkomunikasikan konsep berdasarkan pembelajaran yang diperoleh. . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami hubungan antara tingkat kecerdasan siswa dan pendekatan mereka terhadap sains. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan ceramah yang ditujukan kepada siswa  kelas X SMA dalam memilih jurusan IPA, IPS, dan IPB. Uji tersebut kemudian dianalisis menggunakan metode statistik Chi-square. Hasilnya adalah tingkat kecerdasan siswa dengan pendekatan saintifik yang dicapai siswa melalui sosialisasi dengan nilai signifikansi 0,000. Kesimpulan  penelitian ini adalah terdapat pengaruh orangtua, teman dan lingkungan terhadap pemilihan jurusan pada siswa kelas X SMA Amir Hamzah Medan. Dan keinginan untuk memiliki presentasi itu sendiri mengalahkan parameter lainnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JJM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Jendela Matematika dengan ISSN 2985-9875 (online) dan 2986-7134 (cetak) merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh CV. Jendela Edukasi Indonesia dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang matematika, pendidikan matematika, statistika, pengembangan pembelajaran ...