Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika dalam pada materi barisan dan deret. Agar diperoleh hasil dan pembahasan yang sesuai dengan tujuan penelitian, maka dilakukan analisis terhadap setiap indikator pemahaman matematis untuk mengetahui indikator mana saja yang mengalami kesulitan siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dan deskriptif. Partisipan penelitian adalah siswa Kelas X pada salah satu SMA di kota Bandung yang berjumlah 31 orang. Tes dan wawancara berfungsi sebagai instrumen penelitian.Pada tahap reduksi data, peneliti merangkum dan mengklasifikasikan data. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa masuk dalam kategori cukup yaitu sebesar 54,8%. Indikator kemampuan memahami konsep matematika yang paling tinggi adalah indikator merepresentasikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematika. Sedangkan indikator kemampuan pemahaman konsep matematika yang paling rendah adalah kecepatan penggunaan dan pemilihan prosedur atau operasi tertentu.
Copyrights © 2024