Jurnal Jendela Matematika
Vol. 2 No. 01 (2024): Jurnal Jendela Matematika: Edisi Januari 2024

Analisis Kemampuan Siswa Pada Pemahaman Konsep Matematis Materi Barisan dan Deret

Afifah, Salsabila (Unknown)
Tamrin, Maisaroh (Unknown)
Salsabila, Kireyna Intan (Unknown)
Hasanah, Aan (Unknown)
Herman, Tatang (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2024

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami konsep matematika dalam pada materi barisan dan deret. Agar diperoleh hasil dan pembahasan yang sesuai dengan tujuan penelitian, maka dilakukan analisis terhadap setiap indikator pemahaman matematis untuk mengetahui indikator mana saja yang mengalami kesulitan siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dan deskriptif. Partisipan penelitian adalah siswa Kelas X pada salah satu SMA di kota Bandung yang berjumlah 31 orang. Tes dan wawancara berfungsi sebagai instrumen penelitian.Pada tahap reduksi data, peneliti merangkum dan mengklasifikasikan data. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematika siswa masuk dalam kategori cukup yaitu sebesar 54,8%. Indikator kemampuan memahami konsep matematika yang paling tinggi adalah indikator merepresentasikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematika. Sedangkan indikator kemampuan pemahaman konsep matematika yang paling rendah adalah kecepatan penggunaan dan pemilihan prosedur atau operasi tertentu.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JJM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Jendela Matematika dengan ISSN 2985-9875 (online) dan 2986-7134 (cetak) merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh CV. Jendela Edukasi Indonesia dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang matematika, pendidikan matematika, statistika, pengembangan pembelajaran ...