Tujuan pelaksanaan kegiatan PkM ini yaitu sebagai berikut: (1) Mengedukasi dan memberikan pemahaman terkait kaitan budaya dan matematika kepada guru dan siswa SMA Negeri 3 Amarasi Timur; (2) Sebagai referensi bagi guru dalam mengembangkan strategi ataupun model dalam mengajar matematika di SMA Negeri 3 Amarasi Timur; dan (3) Mampu meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam mempelajari matematika di sekolah. Metode pelaksanaan kegiatan PkM ini terdiri 4 tahapan yang meliputi observasi, persiapan, pelaksanaan, dan refleksi. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan PKM disimpulkan bahwa para siswa dan guru termotivasi mengikuti kegiatan PkM tersebut dikarenakan materi etnomatematika yang dipaparkan Tim PkM berkaitan dengan budaya, tradisi, dan praktik sehari-hari masyarakat Amarasi Timur. Selama kegiatan PkM, siswa dan guru terlibat aktif dalam bertanya dan menjawab pertanyaan Tim PkM. Selain itu, siswa juga dapat menjelaskan konsep etnomatematika yang terdapat pada masyarakat Amarasi Timur yang belum dipaparkan oleh Tim PkM. Melalui kegiatan PkM ini siswa lebih termotivasi untuk mempelajari materi matematika di sekolah, siswa lebih mengenal, menghargai, dan melestarikan budaya lokal masyarakat Amarasi Timur melalui pembelajaran yang terintegrasi dengan kearifan lokal, serta guru dapat menintegrasikan etnomatematika dalam pembelajaran matematika di SMA Negeri 3 Amarasi Timur.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024