Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi
Vol 6, No 2 (2024): Vol 6, No 2 (2024): Desember (2024)

STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN OMZET PENJUALAN KUE PALA PADA UD. MELDA DI DESA BATU ITAM KECAMATAN TAPAKTUAN KABUPATEN ACEH SELATAN

Arma Yulia Ulfa (Universitas Syiah Kuala)
Musfiana Musfiana (Universitas Syiah Kuala)
Sakdiyah Sakdiyah (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2025

Abstract

ABSTRAKStrategi pemasaran merupakan rencana menyeluruh, dan menyatu dibidang pemasaran yang memberikan pengarahan tentang kegiatan yang akan dilaksanakan untuk terwujudnya tujuan pemasaran suatu perusahaan, maka dari itu sebuah perusahaan untuk mencapai tujuannya diperlukan strategi pemasaran karena mempunyai peranan penting untuk mencapai keberhasilan usaha, oleh karena itu bidang pemasaran berperan besar dalam merealisasikan rencana usaha. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan dalam meningkatkan omzet penjualan kue pala, (2) Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi UD.Melda dalam menjalankan 4P (Product, price, place, promosi).Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Subjek dalam penelitian ini ialah satu orang pemilik dan tiga orang karyawan kue pala, selanjutnya yang menjadi objek penelitian ini adalah strategi pemasaran dalam meningkatkan omzet penjualan kue pala.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi pemasaran yang diterapkan dalam meningkatkan omzet penjualan kue pala masih belum maksimal karena tidak semua menerapkan 4P (produk (product), harga (price), tempat (place),dan promosi (promotion)salah satunya yaitu dari segi promosi yang belum menggunakan media sosial dalam mempromosikan hasil produknya namun UD.Melda masih mampu dalam meningkatkan omzet penjualan tanpa menerapkan strategi tersebut. (2) Kendala-kendala yang terjadi dalam menjalankan 4P, yaitu daristrategi produk yaitu dari proses penjemuran yang mengalami kendala pada cuaca pagi harinya. Masalah dari strategi harga disebabkan bahan baku utama (pala) yang melonjak tinggi, dan bahan pelengkap seperti gula dan plastik kemasan yang mengalami kenaikan harga. Dan terkendala dalam menggunakan media sosial, sehingga masih menggunakan penjualan langsung dan reseller.Keywords: Strategi Pemasaran, Marketing Mix, Omzet Penjualan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pendidikan-ekonomi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

urnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi (JIMPE) offers original articles on economics education. The journal is aimed at publishing and disseminating the results of researches and studies on economics education conducted by researchers, teachers, and practitioners of economic education. Jurnal ...