ABSTRAK Lingkungan sekolah merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Lingkungan sekolah yang nyaman, tertib dan indah, serta sarana dan prasarana yang memadai dapat menambah semangat siswa dan mendapatkan hasil belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa di SMP negeri 1 darussalam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian berbasis field research atau yang dikenal sebagai penelitian lapangan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Darussalam sebanyak 51 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah random sampling dimana pengambilan sampel dilakukan secara acak yang setiap anggota populasi memiliki kesempatan yang sama untuk terpilih menjadi sampel. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, studi kepustakaan (Library Research), angket (kuesioner), skala pengukuran dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear sederhana dengan menguji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil uji regresi diperoleh Y = 66,128 + 0,169X. Adapun koefisien regresi X 0,169 menyatakan bahwa setiap peningkatan lingkungan sekolah, maka hasil belajar meningkat sebesar 66,128. Maka koefisien tersebut bernilai positif, sehingga dapat dikatakan arah pengaruh variabel lingkungan sekolah (X) terhadap hasil belajar (Y) positif. Hasil uji t pada taraf signifikan 0,05 hipotesis diterima dibuktikan dengan nilai ditunjukkan thitung 4,703 ttabel 2,009. Koefisien determinasi (r2) sebesar 31,1% yang menunjukkan bahwa variabel lingkungan sekolah mempengaruhi hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Darussalam, sedangkan 68,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Darussalam. Keywords: Lingkungan Sekolah, Hasil Belajar Siswa
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024