ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap motivasi belajar siswa dalam melakukan proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakanpendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelasXI SMA Negeri 1 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar, yaitu meliputi kelas XI IPS 1 dan kelas XI IPS2 dengan jumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sensus sampling,sedangkan teknik dalam pengumpulan data menggunakan penelitian kepustakaan (library research)dan penelitian lapangan (field research) yang terdiri dari observasi, angket (kuesioner), dandokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dan uji t.Berdasarkan hasil uji regresi diperoleh hasil Y = 28,854 + 0,482 X. Selanjutnya hasil uji t hipotesisditerima, dibuktikan dari nilai thitung= 2,054 ttabel= 2.0017. Koefisien korelasi diperoleh nilai rsebesar 0,260, artinya telah terjadi hubungan antara variabel X dan Y. Koefisien determinasi (RSquare) sebesar 0,068 atau sama dengan 6,8% mengandung arti bahwa variabel kondisi sosialekonomi orang tua dan variabel motivasi belajar siswa dinyatakan berpengaruh sebesar 6,8%,sedangkan sisanya yaitu 93,2% dipengaruhi oleh variabel lain. Kesimpulan dari penelitian inimenunjukkan bahwa kondisi sosial ekonomi orang tua berpengaruh terhadap motivasi belajar siswakelas XI IPS pada SMA Negeri 1 Ingin Jaya. Kata Kunci: Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua, Motivasi Belajar
Copyrights © 2024