Persaingan di bidang usaha sangat sering terjadi, namun yang harus dipikir adalah bagaimana strategi untuk memenangkan persaingan antara pedagang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1). Faktor-faktor pendorong konsumen melakukan pembelian di Ramay Store Banda Aceh (2).Faktor dominan yang menjadi pendorong konsumen melakukan pembelian di Ramay Store BandaAceh. Pendekatan penelitian adalah kualitatif, jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Subjekpenelitian adalah pemilik dan konsumen yang berbelanja lebih dari satu kali di Ramay Store yaitusebanyak 15 orang. Objek penelitian adalah faktor internal sebagai pendorong konsumen melakukanpembelian di Ramay Store yaitu faktor harga, produk, lokasi, promosi dan karyawan. Teknikpengumpulan data dengan Pengamatan dan wawancara. Teknik analisis data yaitu reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1).Faktor-faktor pendorongkonsumen melakukan pembelian di Ramay Store Banda Aceh adalah produk (Product) dimanakonsumen sangat puas dengan kualitas produk dan keaneka ragaman yang di jual di RamayStore, harga (Price) konsumen sangat puas dengan harga produk yang di jual, lokasi (Location)yang sangat mudah di jangkau serta suasana toko yang nyaman, promosi (Promotion) menggunakanonline, Karyawan (employee) memberikan pelayanan yang cepat dan ramah kepada konsumen (2).Faktor dominan yang mendorong konsumen melakukan pembelian di Ramay Store Banda Acehadalah faktor produk. Kata Kunci: Faktor Pendorong, Ramay Store, Pembelian
Copyrights © 2023