Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi
Vol 5, No 1 (2023): Vol 5, No 1 (2023): Juni 2023

PENGARUH E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA SWASTA SUKMA BANGSA BIREUEN.

Agusti Mahliza (Universitas Syiah Kuala)
Alfi Syahril Fuadi Jaya (Universitas Syiah Kuala)
A. Razak A. Razak (Universitas Syiah Kuala)
Asmaul Husna (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2023

Abstract

Pendidikan sangat berpengaruh terhadap masa depan bangsa dan negara. Untuk mewujudkan bangsa yang maju maka yang dapat dilakukan adalah menjadikan perkembangan ilmu dan teknologi sebagai landasan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satu pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran adalah dengan memanfaatkan E-learning. E-learning merupakan inovasi yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran, tidak hanya dalam penyampaian materi pembelajaran tetapi juga perubahan dalam kemampuan berbagai kompetensi peserta didik. Melalui E-learning, peserta didik tidak hanya mendengarkan uraian materi dari pendidik saja tetapi juga aktif mengamati, melakukan, dan mendemonstrasikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh E-learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Swasta Sukma Bangsa Bireuen. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian asosiatif. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IPS SMA Swasta Sukma Bangsa Bireuen sebanyak 54 siswa. Pengumpulan data terkait E-learning dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Sedangkan nilai hasil belajar diambil dari data sekunder pada rekapitulasi nilai evaluasi tengah semester pelajaran Ekonomi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Adapun hasil penelitian menyatakan bahwa penggunaan E-learning tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas IPS SMA Swasta Sukma Bangsa Bireuen. Berdasarkan hasil yang diperoleh nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 (0,718 0,05) dan juga hasil (0,364) (2,00665) yang artinya E-learning tidak memiliki pengaruh terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Swasta Sukma Bangsa Bireuen.Keywords: E-learning, Hasil Belajar, IPS, Mata Pelajaran Ekonomi

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pendidikan-ekonomi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

urnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi (JIMPE) offers original articles on economics education. The journal is aimed at publishing and disseminating the results of researches and studies on economics education conducted by researchers, teachers, and practitioners of economic education. Jurnal ...