Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi
Vol 4, No 1 (2022): Vol 4, No 1 (2022): Juni 2022

Hubungan Proses Pembelajaran Ekonomi Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X IPS di SMAN 1 Meukek Aceh Selatan

Akmal Akmal (Universitas Syiah Kuala)
Musfiana Musfiana (Universitas Syiah Kuala)
Sakdiyah Sakdiyah (Universitas Syiah Kuala)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2022

Abstract

Salah satu faktor yang menentukan prestasi belajar siswa adalah proses pembelajaran yang diterapkan oleh guru di dalam kelas, jika proses pembelajarannya baik maka prestasi belajar siswa juga baik. Prestasi belajar siswa dapat diukur dari kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran ekonomi, besarnya prestasi belajar siswa, dan hubungan antara proses pembelajaran ekonomi dengan prestasi belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Meukek Aceh Selatan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah 57 siswa dengan sampel 36 siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Meukek Aceh Selatan dan teknik pengambilan sampel dilakukan secara insidental sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai = 0,497 maka ada hubungan antara proses pembelajaran dengan prestasi belajar siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Meukek Aceh Selatan. Sedangkan nilai sebesar 3,339 dan nilai = 2,042. Oleh karena itu lebih besar dari . Sehingga ditolak dan diterima. Jadi hipotesis terbukti bahwa ada hubungan antara proses pembelajaran ekonomi dengan prestasi belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Meukek Aceh Selatan.Kata Kunci: Proses Pembelajaran, Prestasi Belajar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pendidikan-ekonomi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

urnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi (JIMPE) offers original articles on economics education. The journal is aimed at publishing and disseminating the results of researches and studies on economics education conducted by researchers, teachers, and practitioners of economic education. Jurnal ...