Salah satu faktor yang menentukan prestasi belajar siswa adalah proses pembelajaran yang diterapkan oleh guru di dalam kelas, jika proses pembelajarannya baik maka prestasi belajar siswa juga baik. Prestasi belajar siswa dapat diukur dari kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran ekonomi, besarnya prestasi belajar siswa, dan hubungan antara proses pembelajaran ekonomi dengan prestasi belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Meukek Aceh Selatan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah 57 siswa dengan sampel 36 siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Meukek Aceh Selatan dan teknik pengambilan sampel dilakukan secara insidental sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai = 0,497 maka ada hubungan antara proses pembelajaran dengan prestasi belajar siswa kelas X IPS di SMA Negeri 1 Meukek Aceh Selatan. Sedangkan nilai sebesar 3,339 dan nilai = 2,042. Oleh karena itu lebih besar dari . Sehingga ditolak dan diterima. Jadi hipotesis terbukti bahwa ada hubungan antara proses pembelajaran ekonomi dengan prestasi belajar siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Meukek Aceh Selatan.Kata Kunci: Proses Pembelajaran, Prestasi Belajar
Copyrights © 2022