At-Tajdid : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam
Vol 8, No 2 (2024): JULI-DESEMBER 2024

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI

Charisma Adinda (Pascasarjana Universitas Islam Negri Raden Intan Lampung)
Agus Pahrudin (Pascasarjana Universitas Islam Negri Raden Intan Lampung)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2024

Abstract

Pembelajaran Pendidikan agama Islam bagi sebagian siswa sangat tidak menyenangkan sehingga kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran pendidikan Agama Islam menyebabkan mereka tidak memahami materi dengan baik dan tidak dapat mengaplikasikan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Strategi pembelajaran yang kurang variatif dan tidak menarik bagi siswa sangat berpengaruh terhadap minat belajar. Salah satu faktornya kemampuan mengajar guru Peniddikan Agama Islam masih kurang efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran terhadap peningkatan keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Strategi pembelajaran yang diuji adalah strategi yang dirancang untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran PAI. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran yang efektif dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Strategi pembelajaran yang efektif yaitu meliputi penggunaan multimedia, diskusi, dan simulasi. Dengan demikian penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya strategi pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran PAI.Learning Islamic religious education for some students is very unpleasant so that students' lack of interest in learning Islamic religious education causes them not to understand the material well and cannot apply religious values in everyday life. Learning strategies that are less varied and unattractive to students have a big influence on interestin learning. One factor is that the teaching ability of Islamic Religious Education teachers is still less effective in increasing student learning activity. This research aims to determine the effect of implementing learning strategies on increasing student learning activity in Islamic Religious Education (PAI) subjects. The learning strategies tested are strategies designed to increase student involvement in the PAI learning process. The research method used in this research is library research. The results of this research show that the application of effective learning strategies can increase student learning activity in PAI subjects. Effective learning strategies include the use of multimedia, discussions and simulations. Thus, this research is expected to provide a better understanding of the importance of effective learning strategies in increasing student participation in PAI learning.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

attajdid

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Library & Information Science Social Sciences

Description

Fokus dan scope: jurnal At-Tajdid merupakan jurnal pendidikan dan pemikiran islam,yang diterbitkan dua kali dalam setahun periode januari – juni, dan juli-desember. At-Tajdid merupakan artikel hasil penelitian dalam bentuk penelitian pengembangan, kualitatif, kuantitatif, studi literatur, aplikasi ...