Mauriduna : Journal of Islamic studies
Vol 5 No 5 (2024): Mauriduna: Journal of Islamic Studies, December 2024

Revitalisasi Pendidikan Karakter dalam PAI sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme pada Remaja

Kurnia, Asraf (Unknown)
Kustati, Martin (Unknown)
Sepriyanti, Nana (Unknown)
Aisyah, Siti (Unknown)
Oviensy, Vegia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Radikalisasi di kalangan remaja semakin menjadi perhatian di Indonesia, terutama dengan dampak besar dari perkembangan teknologi digital yang memfasilitasi penyebaran ideologi radikal. Dalam hal ini, pendidikan karakter dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) dapat menjadi solusi efektif untuk mencegah radikalisasi. Artikel ini mengulas pentingnya revitalisasi pendidikan karakter dalam PAI sebagai upaya untuk mencegah pengaruh radikal pada remaja. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai seperti toleransi, keadilan, dan moderasi beragama, pendidikan karakter dalam PAI tidak hanya berfokus pada aspek kognitif, tetapi juga pada pembentukan sikap dan perilaku yang selaras dengan nilai-nilai kebangsaan. Pendidikan karakter yang berbasis pada nilai dan kontekstual diharapkan dapat melahirkan generasi muda yang penuh toleransi, berintegritas, dan memiliki rasa cinta tanah air. Selain itu, pentingnya kerjasama antara sekolah, keluarga, dan masyarakat juga perlu ditekankan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan karakter positif pada remaja. Dengan pendekatan ini, revitalisasi pendidikan karakter dalam PAI dapat memperkuat ketahanan remaja terhadap radikalisasi dan membentuk individu yang memiliki akhlak mulia serta tanggung jawab terhadap bangsa dan negara. Radicalism among teenagers has become an increasingly pressing issue in Indonesia, especially with the significant influence of digital technology that facilitates the rapid spread of radical ideologies. In this context, character education within Islamic Religious Education (PAI) can be an effective solution to prevent radicalization. This article discusses the importance of revitalizing character education in PAI as an effort to prevent radical influences on teenagers. By integrating values such as tolerance, justice, and religious moderation, character education in PAI not only focuses on cognitive aspects but also on the formation of attitudes and behaviors that align with national values. Value-based and contextual character education is expected to shape a generation of young people who are tolerant, have integrity, and love their country. Furthermore, the collaboration between schools, families, and communities is essential to create an environment that supports the development of positive character in teenagers. With this approach, revitalizing character education in PAI can strengthen teenagers' resilience against radicalization and help shape individuals with noble character and responsibility toward the nation and the state.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mauriduna

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Mauriduna merupakan Jurnal Kajian Islam yang terbit dua kali dalam setahun, publikasi ilmiah ini dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Perguruan Tinggi Bahasa Arab Ar-Raayah (STIBA) Sukabumi. Jurnal ini berfokus pada kajian Islam, berupa Hasil Penelitian, Ide, ...