Krisis moral yang dihadapi masyarakat Indonesia saat ini menjadi tantangan serius yang memerlukan perhatian khusus, terutama dalam konteks pendidikan karakter anak. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran orang tua dalam menumbuhkan karakter Islami pada anak-anak mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur, di mana penulis mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber yang relevan, termasuk buku, jurnal ilmiah, dan artikel yang membahas nilai-nilai Islam dalam pendidikan anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua yang menerapkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari berkontribusi signifikan terhadap pembentukan karakter anak. Melalui praktik ibadah, saling menghormati, dan berbagi, anak-anak dapat menyerap nilai-nilai moral yang mendasari karakter Islami mereka. Selain itu, program pendidikan bagi orang tua terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan mereka dalam mendidik anak secara Islami. Pembahasan dalam artikel ini menyoroti pentingnya menanamkan kualitas seperti kasih sayang, empati, dan tanggung jawab sosial sejak usia dini. Dengan demikian, orang tua diharapkan dapat berperan aktif dalam membentuk generasi yang beretika dan berempati. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa peran orang tua sangat krusial dalam menciptakan masyarakat yang lebih berbelas kasih dan adil. Melalui komunikasi terbuka dan contoh positif, orang tua dapat membantu anak-anak mereka tumbuh menjadi individu yang tidak hanya memahami nilai-nilai Islam, tetapi juga mampu berkontribusi positif terhadap masyarakat. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan strategi praktis bagi orang tua dalam mendidik anak-anak mereka dengan nilai-nilai yang kuat. The moral crisis currently faced by Indonesian society is a serious challenge that requires special attention, especially in the context of children's character education. This article aims to explore the role of parents in fostering Islamic character in their children. The research method used is a literature study, in which the author collects and analyzes various relevant sources, including books, scientific journals, and articles that discuss Islamic values in children's education. The results of the study indicate that parents who apply Islamic values in their daily lives contribute significantly to the formation of children's character. Through the practice of worship, mutual respect, and sharing, children can absorb the moral values that underlie their Islamic character. In addition, educational programs for parents have proven effective in improving their understanding and skills in educating children in an Islamic way. The discussion in this article highlights the importance of instilling qualities such as compassion, empathy, and social responsibility from an early age. Thus, parents are expected to be able to play an active role in shaping an ethical and empathetic generation. The conclusion of this study confirms that the role of parents is crucial in creating a more compassionate and just society. Through open communication and positive examples, parents can help their children grow into individuals who not only understand Islamic values, but are also able to contribute positively to society. This study is expected to provide practical strategies for parents in educating their children with strong values.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024