Journal of Scientech Research and Development
Vol 6 No 2 (2024): JSRD, December 2024

PERANCANGAN GAME EDUKASI SISTEM TATA SURYA BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA SISWA/SISWI KELAS VII SMPN 2 PALEMBANG

M. Raihan Joan Carlos (Unknown)
Azwardi (Unknown)
Adi Sutrisman (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sebuah game edukasi berbasis Android yang memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) untuk membantu siswa kelas VII SMPN 2 Palembang memahami materi Sistem Tata Surya. Game yang diberi nama "Explore The Universe" ini dirancang dengan berbagai fitur menarik, seperti penjelasan materi, interaksi AR, dan kuis soal untuk menguji pemahaman siswa. Berdasarkan hasil evaluasi pengujian Alpha dan Beta, game ini menunjukkan tingkat validitas yang sangat tinggi, baik dari segi konten maupun teknis. Hasil uji coba juga menunjukkan bahwa game edukasi ini cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa, dengan nilai rata-rata N-Gain sebesar 60,32%, yang termasuk dalam kategori cukup efektif. Selain itu, masukan dari ahli materi dan ahli media memberikan rekomendasi perbaikan untuk pengembangan lebih lanjut. Dengan demikian, game "Explore The Universe" dapat dianggap sebagai media pembelajaran yang valid dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMP Negeri 2 Palembang. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam penggunaan teknologi AR untuk mendukung pembelajaran interaktif di tingkat sekolah menengah pertama.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JSCR

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Industrial & Manufacturing Engineering Social Sciences

Description

Journal of Scientech Research and Development (JSRD) is a peer-reviewed journal that focuses on critical studies of social research and development. Investigated the dynamics of teaching and learning of Scientech education, scientech research, and development problems in the scientech at the ...