Perkembangan zaman membuat kemajuan teknologi meningkat sangat pesat. Terutama dibidang Pendidikan, muncul teknologi yang disebut AI. Adanya AI sangat membantu mahasiswa dalam pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan (1) Untuk memperoleh gambaran penggunaan kecerdasan buatan dalam pembelajaran di prodi Pendidikan Teknik Mesin UNS; (2) Untuk mengetahui dampak penggunaan kecerdasan buatan terhadap pembelajaran di prodi Pendidikan Teknik Mesin UNS. Penelitian ini menggunakan mix method explanatory yaitu merupakan gabungan dengan pengumpulan data kuantitatif terlebih dahulu. Teknik penggambilan data angket dengan proportionate stratified random sampling dan wawancara dengan purposive sampling. Teknik validasi instrumen menggunakan uji validasi isi dan uji validasi konstruk serta triangulasi data untuk menjamin keabsahan data. Teknik analisis menggunakan kriteria penilaian dan reduksi data. Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi kecerdasan buatan pada pembelajaran di Prodi PTM UNS berdasarkan 9 indikator. Dari 9 indikator tersebut 2 indikator pada kriteria sangat tinggi, 4 indikator pada kriteria tinggi dan 2 indikator pada kriteria normal. Hasil wawancara menunjukkan bahwa implementasi kecerdasan buatan memberikan dampak positif bagi pembelajaran. Tapi ada beberapa dosen yang kurang mengerti penggunaan AI oleh mahasiswa.
Copyrights © 2025