Journal of Education Technology and Inovation
Vol. 3 No. 2 (2020)

IMPLEMENTASI MODEL JIGSAW TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWAPADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII SEMESTER GENAP DI SMP NEGERI 2 AMBULU

Rini Widarti (Unknown)
Muljono Muljono (Unknown)
Waris Waris (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2020

Abstract

Tujuan penelitian untuk 1) Mengetahui pengaruh implementasi model jigsaw terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII semester genap di SMP Negeri 2 Ambulutahun pelajaran 2018/2019, 2) Mengetahui pengaruh implementasi model jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII semester genap di SMP Negeri 2 Ambulu tahun pelajaran 2018/2019, 3) Mengetahui pengaruh implementasi model jigsaw secara bersama-sama terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII semester genap di SMP Negeri 2 Ambulu tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian yang mengamati signifikansi pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat sehingga pendekatan variabel ini adalah kuantitatif kausal. Populasi yang diambil seluruh siswa kelas VII semester genap di SMPN 2 Ambulu tahun pembelajaran 2018/2019. Sedangkan sampel adalah sebagian dari populasi yang akan dijadikan obyek atau responden penelitian/keterwakilan dari populasi. Adapun Teknik yang penulis gunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah sebagai berikut 1) Teknik Observasi, 2) Teknik Dokumentasi, 3) Tes. Dalam penelitian ini, analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan data sesuai masing- masing variabel yang meliputi: rata-rata, median, modus, dan standar deviasi. Berdasarkan dari analisis hasil penelitian dan pembahasan maka simpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut 1) Terdapat pengaruh implementasi model jigsaw terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII semester genap di SMP Negeri 2 Ambulu tahun pelajaran 2018/2019, 2) Terdapat pengaruh implementasi model jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII semester genap di SMP Negeri 2 Ambulu tahun pelajaran 2018/2019, 3) Terdapat pengaruh implementasi model jigsaw terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII semester genap di SMP Negeri 2 Ambulu tahun pelajaran 2018/2019.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jeti

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

The Journal of Educational Technology and Innovation (JETI) publishes scientific papers that concentrate on teaching and learning science in school environments from early childhood to higher education as well as workplaces and informal learning, related to science education. Therefore, the aim is ...