Gunung Djati Conference Series
Vol. 46 (2024): The 8th Conference Series Learning Class: Religious Study, Language, and Education

Students’ Problems in Learning English Vocabulary (A Descriptive Study at Tenth Grade of SMAN 1 Rancaekek)

Fajriati Prasetya Cahyaning Fitri (Ma’soem University)
Aip Syaepul Uyun (Ma’soem University)
Eva Meidi Kulsum (Ma’soem University)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2024

Abstract

Kosakata merupakan salah satu masalah dalam pembelajaran bahasa Inggris yang perlu diatasi. Kurangnya kemampuan siswa dalam menguasai kosakata menjadi salah satu masalah dalam pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui masalah siswa dalam mempelajari  kosakata bahasa Inggris di SMAN 1 Rancaekek.  Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Kemudian, data dikumpulkan melalui quesioner, wawancara, dan observasi. Selanjutnya, subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 3 SMAN 1  Rancaekek  tahun ajaran 2023/2024 yang terdiri dari 37 siswa. Peneliti mewawancarai enam orang terpilih berdasarkan nilai bahasa Inggris yang mereka dapatkan pada mata pelajaran bahasa Inggris.  Wawancara terdiri dari 7 pertanyaan. Hasil akhir, temuan menunjukkan bahwa ada beberapa jenis masalah yang terdiri  dari kurangnya minat siswa dalam mempelajari bahasa Inggris, kurangnya motivasi siswa, tidak memahami grammar dan pengucapan, malas menghafal kosakata, dan  fasilitas pembelajaran  yang kurang mendukung. Oleh karena itu, pentingnya pembelajaran kosakata karena menjadi komponen yang paling penting sebelum ke aspek-aspek lainnya dalam pembelajaran bahasa Inggris.

Copyrights © 2024