Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 1 No 1 (2022): Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA

Bahtiar, Bahtiar (Unknown)
Rasni, Rasni (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas penggunaan metode Index Card Match pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IV SD Negeri 196 Pinrang. Seorang pendidik harus mampu menciptakan metode dan model pembelajaran yang menarik dan menyenangkan hal ini bertujuan untuk mebangkitkan motivasi siswa dalam belajar dan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Subyek penelitian yaitusiswa kelas IV SD Negeri 196 Pinrang. Metode yang digunakan untuk penitian ini adalah PTK. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan dan tes hasil belajar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Index Card Match pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IV SD Negeri 196 Pinrang sangat efektif. Hal ini terlihat dari nilai siswa yang sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) telah tercapai. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Index Card Match pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam sangat efektif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JurnalPAI

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan Agama Islam atau DIALEKTIKA adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh IAIN Parepare Press dengan E-ISSN dan P-ISSN, terbit dua kali setahun yaitu Juni dan Desember. Fokus jurnal ini adalah isu-isu penting dan aktual tentang pendidikan agama Islam seperti pendidik ditinjau ...