Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 1 No 2 (2023): Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam

Penguatan Kemampuan Hafalan Juz 30 Melalui Pembiasaan Muroja’ah Sebelum Memulai Pembelajaran

., De Vita 'Arsy Oxia Assabiil (Unknown)
Dalle, Ambo (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Sebagai ummat Muslim, kiranya wajib mempunyai komitmen untuk berusaha menghafal Al-Qur’an, untuk memperoleh kemulian dari Allah Subhanahuwata’ala dan untuk menjaga eksistensi kemurnian Al-Qur’an. Tentunya diperlukan metode dalam usaha menghafal Al-Qur’an, salah satunya yakni dengan menggunakan metode muroja’ah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran metode muroja’ah dalah penguatan hafalan juz 30 pada peserta didik di SMA Negeri 3 Parepare. Selain itu juga untuk meemberikan sumbangsi keilmuan bagi institusi maupun pembaca. Dalam penelitian ini selain menggunakan metode literature review juga menggunakan metode observasi di sekolah lokasi pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) terkait judul yang diangkat. Metode muroja’ah yang digunakan dan dibiasakan untuk diaplikasikan pada peserta didik sebelum memulai pembelajaran di SMA Negeri 3 Parepare memiliki dampak positif terhadap kualitas dan kuantitas hafalan peserta didik. Diperlukan kolaborasi oleh para guru untuk tetap menjaga kdisiplinan program hafalan juz 30 bagi peserta didik tersebut, karena selain untuk membina mental spiritual pserta didik, juga dapat membangun kecerdasan emosional religius peserta didik agar berakhlakul karimah dan memiliki jiwa berjuang dalam iman dan taqwa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JurnalPAI

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan Agama Islam atau DIALEKTIKA adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh IAIN Parepare Press dengan E-ISSN dan P-ISSN, terbit dua kali setahun yaitu Juni dan Desember. Fokus jurnal ini adalah isu-isu penting dan aktual tentang pendidikan agama Islam seperti pendidik ditinjau ...