Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 2 No 1 (2023): DIALEKTIKA: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Penerapan Pembelajaran Video Based Learning di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Parepare

Zubaedah, Nurfatiah (Unknown)
Rustan Efendy (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Pembinaan karakter pada diri siswa sangat bergantung pada pemahamannya terhadap pembelajaran PAI di dalam kelas, di era digitalisasi pembelajaran juga perlu mengikuti perkembangan zaman untuk tetap relevan dan efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menggunakan pendekatan Pembelajaran Berbasis Video atau Video Based Learning (VBL) sebagai taktik untuk meningkatkan suasana pembelajaran PAI khususnya mata pelajaran aqidah akhlak di MAN 2 Kota Parepare. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas XII yang menggunakan motode penelitian tindakan kelas (PTK).Menciptakan sumber belajar berbasis video yang menarik dan interaktif yang memenuhi kebutuhan siswa adalah cara penerapan teknik VBL. Data dikumpulkan melalui analisis hasil pemeriksaan, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menggunakan pendekatan VBL, minat siswa untuk dalam pembelajaran meningkat secara signifikan. Siswa terlibat lebih aktif dan lebih tertarik pada apa yang mereka pelajari. Metodologi ini keleluasaan dalam memahami gagasan-gagasanpemebelajaran melalui penggunaan alat bantu visual dan auditori. Dengan demikian, alternatif yang efisien untuk mendongkrak minat mempelajari aqidah akhlak adalah dengan menerapkan pendekatan VIdeo Based Learning (VBL) di kelas MAN 2 Kota Parepare. Penelitian ini memberikan kontribusi positif terhadap penciptaan strategi pengajaran baru dan dapat diterapkan oleh lembaga pendidikan lain untuk meningkatkan standar pendidikan agama di Indonesia.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JurnalPAI

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan Agama Islam atau DIALEKTIKA adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh IAIN Parepare Press dengan E-ISSN dan P-ISSN, terbit dua kali setahun yaitu Juni dan Desember. Fokus jurnal ini adalah isu-isu penting dan aktual tentang pendidikan agama Islam seperti pendidik ditinjau ...