Pembinaan karakter pada diri siswa sangat bergantung pada pemahamannya terhadap pembelajaran PAI di dalam kelas, di era digitalisasi pembelajaran juga perlu mengikuti perkembangan zaman untuk tetap relevan dan efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menggunakan pendekatan Pembelajaran Berbasis Video atau Video Based Learning (VBL) sebagai taktik untuk meningkatkan suasana pembelajaran PAI khususnya mata pelajaran aqidah akhlak di MAN 2 Kota Parepare. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas XII yang menggunakan motode penelitian tindakan kelas (PTK).Menciptakan sumber belajar berbasis video yang menarik dan interaktif yang memenuhi kebutuhan siswa adalah cara penerapan teknik VBL. Data dikumpulkan melalui analisis hasil pemeriksaan, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menggunakan pendekatan VBL, minat siswa untuk dalam pembelajaran meningkat secara signifikan. Siswa terlibat lebih aktif dan lebih tertarik pada apa yang mereka pelajari. Metodologi ini keleluasaan dalam memahami gagasan-gagasanpemebelajaran melalui penggunaan alat bantu visual dan auditori. Dengan demikian, alternatif yang efisien untuk mendongkrak minat mempelajari aqidah akhlak adalah dengan menerapkan pendekatan VIdeo Based Learning (VBL) di kelas MAN 2 Kota Parepare. Penelitian ini memberikan kontribusi positif terhadap penciptaan strategi pengajaran baru dan dapat diterapkan oleh lembaga pendidikan lain untuk meningkatkan standar pendidikan agama di Indonesia.
Copyrights © 2023