Penelitian Kualitatif yang bertujuan untuk mengkaji nilai Pendidikan Agama Islam dalam film Animasi Nussa dan Rara serta relevansinya terhadap Pendidikan Agama Islam di Kampus. Jenis penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif. Penelitian yang dilaksanakan di Institut Agama Islam Negeri Parepare, dengan menggunakan dua sumber data yaitu, sumber data primerdan sumber data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa film animasi Nussa dan Rara mengandung nilai-nilai Pendidikan Islam, yang dapat berfungsi sebagai media pembelajaran untuk pengembangan mental dan kepribadian dalam kehidupan sehari-hari. Dalam film ini, terdapat berbagai nilai Pendidikan Agama Islam, seperti nilai Pendidikan aqidah, akhlak, dan ibadah. Film ini dapat menjadi alat yang efektif untuk mengajarkan nilai-nilai tersebut. Selain itu, relevansi film animasi Nussa dan Rara dengan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam pada era Pasca Pandemi tercermin dalam beberapa episode, seperti "Ayo Berolahraga", "Yuk Cuci Tangan", dan "Generasi Cerdas: Cegah Virus Dari Rumah". Episode-episode tersebut menyoroti tindakan-tindakan yang relevan dengan kondisi pasca pandemi, termasuk cara menjaga kebersihan diri, menjaga kesehatan tubuh, dan upaya pencegahan virus, yang dapat diaplikasikan dari rumah. Hal ini menunjukkan bahwa film ini tidak hanya bermanfaat sebagai sarana pendidikan Islam, tetapi juga memiliki relevansi dengan konteks zaman yang terkini, yaitu masa pasca pandemi.
Copyrights © 2024