Penelitian ini membahas pengaruh penggunaan smartphone terhadap minat belajar pesertadidik di MI Attaufiq Palanro Kecamatan Tanete Rilau Kabupaten Barru. Penelitian inimenggunakan pendekatan lapangan (field research) dengan metode observasi, wawancara, dandokumentasi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan pedoman wawancara, dan keabsahandata diuji melalui triangulasi metode, sumber data, antar-peneliti, dan teori. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa (1) minat belajar peserta didik di MI Attaufiq Palanro meningkat berkatfasilitas pembelajaran berbasis teknologi yang memadai, lingkungan belajar yang bersih dannyaman, serta metode pembelajaran kreatif dan inovatif yang menciptakan suasanamenyenangkan. (2) Penggunaan smartphone memiliki dampak positif, seperti membantu siswamencari informasi pembelajaran, meningkatkan kemandirian, serta menciptakan rasa senang dalambelajar. Namun, dampak negatif juga terlihat, seperti siswa menjadi malas membaca buku,kehilangan fokus, mudah bosan, stres akibat pembelajaran daring, serta kecanduan teknologi yangmengganggu hubungan sosial. Solusi untuk memaksimalkan dampak positif dan meminimalkandampak negatif adalah: (a) guru memberikan tugas tambahan, nasihat, dan bekerja sama denganorang tua untuk memantau perkembangan siswa; (b) orang tua mengawasi aktivitas penggunaansmartphone, memberlakukan aturan waktu dan jenis konten yang diakses. Dengan demikian,kolaborasi antara guru dan orang tua sangat penting untuk memastikan smartphone menjadi alatedukasi yang mendukung perkembangan siswa secara optimal.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025