Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 3 No 2 (2025): Dialektika : Jurnal Pendidikan Agama Islam

STRATEGI GURU DALAM PENANAMAN KEDISIPILINAN DAN KEJUJURAN PESERTA DIDIK DI MI DDI BOTTOE KECAMATAN TANETE RILAU

Suriati (Unknown)
Hamdanah (Unknown)
Usman (Unknown)
Muzakkir (Unknown)
Ambo Dalle (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi guru dalam menanamkan nilai kedisiplinandan kejujuran pada peserta didik di MI DDI Bottoe Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru.Permasalahan yang dihadapi adalah kurangnya internalisasi nilai-nilai moral dalam perilakusehari-hari peserta didik, akibat terbatasnya sinergi antara guru, orang tua, dan lingkungan.Strategi yang diterapkan meliputi komunikasi efektif, klarifikasi nilai, keteladanan, pembiasaan,serta pemberian sanksi edukatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatifdengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwastrategi-strategi tersebut mampu meningkatkan kesadaran peserta didik terhadap pentingnyakedisiplinan dan kejujuran. Hal ini tercermin dalam kepatuhan terhadap aturan sekolah danpeningkatan tanggung jawab mereka dalam kehidupan sehari-hari. Faktor pendukung mencakupketeladanan guru, kontrol kepala madrasah, serta dukungan masyarakat. Namun, hambatan utamaberasal dari kurangnya perhatian orang tua, lingkungan keluarga yang kurang kondusif, danrendahnya kesadaran peserta didik. Penelitian ini memberikan kontribusi berupa rekomendasipendekatan holistik yang melibatkan sinergi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat untukmemperkuat pendidikan karakter. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya penguatan nilai-nilai moral dalam proses pembelajaran sebagai respons terhadap tantangan globalisasi. Strategi inidapat menjadi model yang direplikasi di institusi pendidikan lain untuk mencetak generasibermoral, bertanggung jawab, dan berintegritas tinggi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JurnalPAI

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan Agama Islam atau DIALEKTIKA adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh IAIN Parepare Press dengan E-ISSN dan P-ISSN, terbit dua kali setahun yaitu Juni dan Desember. Fokus jurnal ini adalah isu-isu penting dan aktual tentang pendidikan agama Islam seperti pendidik ditinjau ...