Lembar Kegiatan Siswa (LKS) merupakan alat pembelajaran yang berisi ringkasan materi dan soal-soal yang harus dikerjakan oleh siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi di sekolah di mana siswa sering menggunakan buku ajar yang sudah usang, bahkan beberapa mata pelajaran tidak memiliki buku ajar sama sekali. Hal ini menyebabkan proses belajar siswa kurang maksimal, dengan konsentrasi yang terpecah dan nilai yang tidak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan LKS berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SDN Cimapag, dibandingkan dengan penggunaan buku ajar yang ada di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Dengan desain tersebut, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol memiliki karakteristik yang sama karena pemilihan sampel dilakukan secara acak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya di kelas 4 SDN Cimapag.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024