Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
Vol. 5 No. 2 (2024): Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar

Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Pemahaman Materi Bagian-Bagian Tumbuhan dan Fungsinya pada Siswa Kelas 4 di SDN Cimapag

Pita Pitriyanti (Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya)
Anggia Suci Pratiwi (Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya)
Sunanih Sunanih (Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
22 Nov 2024

Abstract

Lembar Kegiatan Siswa (LKS) merupakan alat pembelajaran yang berisi ringkasan materi dan soal-soal yang harus dikerjakan oleh siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi di sekolah di mana siswa sering menggunakan buku ajar yang sudah usang, bahkan beberapa mata pelajaran tidak memiliki buku ajar sama sekali. Hal ini menyebabkan proses belajar siswa kurang maksimal, dengan konsentrasi yang terpecah dan nilai yang tidak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penggunaan LKS berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SDN Cimapag, dibandingkan dengan penggunaan buku ajar yang ada di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Dengan desain tersebut, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol memiliki karakteristik yang sama karena pemilihan sampel dilakukan secara acak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada materi bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya di kelas 4 SDN Cimapag.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edukasitematik

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Edukasi Tematik: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar adalah jurnal ilmiah yang menerima dan menerbitkan artikel hasil penelitian (research article) yang berfokus pada isu-isu terkini dalam praktik pendidikan, pembelajaran, dan pemanfaatan teknologi dalam konteks pendidikan sekolah dasar. Jurnal ini ...