Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS)
Vol. 5 No. 6 (2024): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Oktober - November 2024)

Pengaruh Motivasi, Penghargaan, dan Kerjasama Tim Terhadap Prestasi Akademik Siswa

Dian Okta Yoshinta (Universitas Airlangga, Surabaya, Indonesia)
Fendy Suhariadi (Universitas Airlangga, Surabaya, Indonesia)
Suparto Wijoyo (Universitas Airlangga, Surabaya, Indonesia)
Ian Firstian Aldhi (Universitas Airlangga, Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh motivasi, penghargaan, dan kolaborasi terhadap pencapaian akademik mahasiswa. Fokus penelitian ini adalah mahasiswa pascasarjana di Sekolah Pascasarjana Universitas Airlangga, dengan sampel sebanyak 111 responden. Penelitian ini menggunakan survei eksplanatori dengan metodologi kuantitatif. Alat penelitian yang digunakan berupa kuesioner dengan skala Likert 5 poin. Data dianalisis menggunakan regresi linier berganda melalui perangkat lunak Minitab 17. Temuan penelitian menunjukkan bahwa ketiga variabel independen, yaitu motivasi, penghargaan, dan kerja sama, secara kolektif memberikan pengaruh positif terhadap pencapaian akademik mahasiswa, yang menyumbang 99,12% dari efek tersebut. Motivasi memberikan pengaruh signifikan terhadap pencapaian akademik, diikuti oleh kerja sama dan penghargaan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan motivasi, penghargaan, dan kolaborasi secara substansial akan meningkatkan pencapaian akademik mahasiswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JMPIS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Focus and Scope FOCUS Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memfokuskan diri pada riset tentang Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Pendekatan metode penelitian meliputi: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memiliki tujuan ...