Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penguasaan bahasa baku dan penguasaan diksi dengan keterampilan menulis surat dinas siswa secara bersama-sama atau pun secara sendiri-sendiri di kelas XI SMK Pertiwi Bogor Dari analisis hasil analisis data diketahui bahwa adanya hubungan penguasaan bahasa baku dan Diksi secara bersama sama dengan menulis surat dinas. Hal ini ditunjukkan secara signifikan dengan masing masing nilai nilai sig nya kurang dari 0.05 bahkan kurang dari 0.01 (Penguasaan Bahasa baku to = 3.6400 dan sig. = 0.001 < 0.05. Diksi to = 5.328dan sig. = .000 < 0.05. Penguasaan Bahasa baku dan Diksi secara bersama sama dengan menulis surat dinas dapat diterima. Hubungan ini sangat signifikan karena keduanya mempunyai angka nilai sig. =0.000 < 0.01 (bukan hanya kurang dari 0.05). Lebih lanjut berdasarkan persamaan regresi ganda tersebut dapat diuraikan bahwa setiap kenaikan satu unit Penguasaan Bahasa baku dan sekaligus dengan kenaikan satu unit Diksi akan diikuti dengan kenaikan menulis surat dinas 3.204 ( = 1.463 + 1.741) unit. Adanya hubungan penguasaan bahasa baku dengan keterampilan menulis surat dinas dapat diterima. Hubungan ini sangat signifikan karena nilai sig. = 0.000 < 0.01 (bukan hanya kurang dari 0.05). Lebih lanjut berdasarkan persamaan regresia ganda tersebut dapat diuraikan bahwa setiap kenaikan satu unit penguasaan bahasa baku akan diikuti dengan kenaikan keterampilan menulis surat dinas sebesar 1.463 unit, ceteris paribus atau variabel Diksi tidak berubah. Ada hubungan Diksi dengan keterampilan menulis surat dinas dapat diterima. Hubungan ini sangat signifikan karena nilai sig. = 0.000 < 0.01 (bukan hanya kurang dari 0.05). Lebih lanjut berdasarkan persamaan regresia ganda tersebut dapat diuraikan bahwa setiap kenaikan satu unit Diksi akan diikuti dengan kenaikan keterampilan menulis surat dinas sebesar 1.741 unit, ceteris paribus atau variabel Penguasaan Bahasa baku tidak berubah
Copyrights © 2022