Jurnal ATSAR UNISA Kuningan
Vol. 3 No. 2 (2024): Jurnal ATSAR UNISA Kuningan

PERAN EKSTRAKULIKULER PRAMUKA DALAM MEMUPUK SIKAP PEDULI SOSIAL SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 SEGONG

Putri Pradani, Adhistami (Unknown)
Alfianita, Lucyana (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sikap kepedulian sosial siswa kelas IV SD Negeri 1 Segong. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1 Segong Kecamatan Karangkancana dengan informan penelitian guru Pembina dan 3 (tiga) siswa kelas IV. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler pramuka mempunyai peranan yang besar dalam memupuk dan mengembangkan sikap sosial. Beberapa hal telah menunjukkan hal yang sangat baik seperti anggota pramuka mengikuti latihan dan tes. Dalam faktor internal dan eskternal bahwa faktor yang dapat menunjang kegiatan pramuka yang berasal dari faktor siswa seperti semangat siswa untuk mengikuti kegiatan latihan. Sedangkan, yang berasal dari luar diri siswa seperti berbagai pihak. Sementara faktor yang menghambat sikap peduli sosial siswa ditemukan dalam bentuk pemanfaatan teknologi yang menyebabkan siswa kurang melakukan kegiatan sosial, seperti kegiatan main games melalui handphone dan semakin ditinggalkannya permainan tradisional yang dilakukan berkelompok. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SD Negeri 1 Segong sudah terlaksana dengan baik dalam mengikuti latihan kepramukaan.   

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

atsar

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Environmental Science

Description

The Journal Atsar is a double blind peer-reviewed academic journal and open access to social, technology and scientific fields. The journal is published bimonthly once by UNISA. The Journal Atsar provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within the focus and scopes of ...