CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science
Vol 8, No 2 (2024)

STUDI KASUS: ANALISIS KESESUAIAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) DI JURUSAN KIMIA

Darmana, Ayi (Unknown)
Nasution, Haqqi Annazili (Unknown)
Daulay, Rabiah Afifah (Unknown)
Yusfiani, Marnida (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2024

Abstract

Rencana pembelajaran merupakan suatu produk kebutuhan pembelajaran yang berdasarkan pada dosen yang harus menetapkan pernyataannya sebagai otoritas pengajaran utama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis RPP Jurusan Kimia Universitas Negeri Medan sebagai analisis awal yang diperlukan untuk mengembangkan pembelajaran ke depan. Pengumpulan data dilakukan secara deskriptif analisis dengan menganalisis RPP berdasarkan rubrik yang dikembangkan oleh tim penjaminan mutu FMIPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 54,6% RPS berada pada kategori Baik. Beberapa saran yang diperlukan untuk perbaikan RPS antara lain: pelibatan praktisi dalam pembelajaran, penerapan hasil penelitian dosen dan pengabdian kepada masyarakat dalam materi dan pembelajaran, hasil pembelajaran, materi pemberlakuan dan CPMK dan DUDIKA, referensi pembelajaran terkini.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

CHEDS

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Materials Science & Nanotechnology

Description

Journal of Chemistry Education and Science (CHEDS) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Islam Sumatera Utara secara berkala pada bulan Juni dan Desember pada setiap tahunnya. Jurnal ilmiah ini berisi hasil pemikiran, ide, dan gagasan dari penelitian ...