Journal of Educational Science and E-Learning
Vol. 1 No. 2 (2024): Desember

Upaya Meningkatkan Partisipasi Aktif Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran IPAS Melalui Model Project-Based Learning (PjBL) di Kelas VI

Walidain, Mardhatillah Birrul (Unknown)
Bahtiar, Reza Syehma (Unknown)
Sudjarwo, Sudjarwo (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan pada kelas VI menggunakan model pembelajaran Project-based learning (PjBL) memiliki tujuan untuk mengembangkan partisipasi aktif anak murid dalam mapel Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial bab 2 “Cerita Tentang Indonesia Kita” sub bab “Kedatangan Bangsa-Bangsa Eropa ke Indonesia”. Penelitian ini dengan subjek yang dipilih kelas VI A yang terdiri dari 20 anak murid sepuluh laki-laki dan sepuluh  perempuan. PTK kali ini menggunakan 2 siklus pembelajaran serta pada tiap siklusnya meliputi 2 proses belajar mengajar, tindakan ini menggunakan Mixed Methods (kuantitatif dan kualitatif) begitu pula teknik analisis datanya, instrument atau alat penghimpunan data berbentuk kuesionar, wawancara, analisis, serta catatan harian. Penerapan 2 siklus pada PTK ini didapatkan hasil dimana siklus 1 mayoritas peserta didik mendapatkan nilai 62,5 sedangkan pada siklus 2 mayoritas peserta didik mendapatkan hasil 86,2 terbukti terjadi peningkatan partisipasi aktif peserta didik pada siklus 2 dengan mempergunakan model pembelajaran Project-based learning (PjBL) pada mapel IPAS materi Kedatangan Bangsa-Bangsa Eropa ke Indonesia. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jese

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Journal of Educational Science and E-Learning (JESE) adalah jurnal ilmiah nasional yang berfokus pada penelitian dan pengembangan dalam inovasi dan teknologi bidang pendidikan, pembelajaran, dan e-learning. Jurnal ini terbit setahun dua kali yaitu pada bulan Juni dan Desember. Focus and Scope jurnal ...