Journal of Educational Science and E-Learning
Vol. 1 No. 2 (2024): Desember

Penggunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Pecahan Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar

Hamidah, Khairunnisa Nur (Unknown)
Ardiansyah, Roely (Unknown)
Misrani, Misrani (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2024

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SD pada materi pecahan melalui penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian dilakukan di SDN Gunungsari III/531 Surabaya dengan subjek siswa kelas 4B, T.A. 2024/2025, berjumlah 22 siswa, terdiri 13 perempuan serta 9 laki-laki. Penelitian dalam dua siklus, tiap siklus melalui tiga tahap (tahap perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi). Metode penelitian menggunakan Mixed Method dengan teknik analisis data deskriptif bersifat kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui instrumen berupa tes tulis dan wawancara. Analisis menampakkan hasil belajar siswa pada materi pecahan dari siklus 1 ke siklus 2 meningkat. 17 siswa tuntas di siklus 1 dengan persentase 77,27% sedangkan 22 siswa tuntas di siklus 2 dengan persentase yang meningkat sebesar 100%. Maka, dapat diambil kesimpulan bahwasannya penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SD pada materi pecahan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jese

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Journal of Educational Science and E-Learning (JESE) adalah jurnal ilmiah nasional yang berfokus pada penelitian dan pengembangan dalam inovasi dan teknologi bidang pendidikan, pembelajaran, dan e-learning. Jurnal ini terbit setahun dua kali yaitu pada bulan Juni dan Desember. Focus and Scope jurnal ...