Pinisi Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 4, No 1 (2024): Maret

Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Inpres BTN IKIP 1 Kota Makassar

Nur Hikmah (Universitas Negeri Makassar)
Sayidiman Sayidiman (PGSD Universitas Negeri Makassar)
Nasaruddin Nasaruddin (PGSD Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan media audio visual terhadap pembelajaran IPS, untuk mengetahui gambaran hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V di SD Inpres BTN IKIP 1 Kota Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa  kelas V SD Inpres BTN IKIP 1, sampelnya kelas Va berjumlah 21 siswa dan Vb berjumlah 21 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Prosedur penelitiannya mencakup tiga tahapan yaitu tahap persiapan,tahap pelaksanaan dan tahap tindak lanjut. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis data inferensial yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis yang menggunakan independent sample T-test. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar IPS berupa soal pretest dan posttest dimana pada nilai posttest mengalami peningkatan nilai siswa. Berdasarkan hasil analisis statistic inferensial diperoleh nilai P = 0,000 lebih kecil dari nilai α = 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa setelah penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Inpres BTN IKIP 1 Kota Makassar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pjp

Publisher

Subject

Other

Description

Pembelajaran di PGSD maupun di Sekolah Dasar yang membahas tentang kurikulum, teknologi pembelajaran, manajemen sekolah, dan kebijakan pendidikan di sekolah ...