Studi ini menyajikan tinjauan literatur mengenai efektivitas Moodle sebagai platform pembelajaran daring khususnya pembelajaran kimia di Indonesia, dengan tujuan mengevaluasi dampaknya terhadap minat, motivasi, dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode analisis literatur dari berbagai sumber yang relevan untuk mengidentifikasi fitur-fitur utama Moodle, seperti User Management dan Course Management, serta bagaimana fitur-fitur ini mendukung aktivitas pembelajaran yang interaktif. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada meningkatnya kebutuhan akan platform pembelajaran daring yang efektif di tengah pandemi, yang memaksa proses belajar mengajar dilakukan dari rumah. Manfaat dari penggunaan Moodle termasuk peningkatan kualitas belajar, fleksibilitas akses, dan efisiensi dalam pengelolaan kursus. Studi ini juga menemukan bahwa penerapan Moodle dalam pembelajaran kimia dapat meningkatkan pemahaman materi melalui fitur "Courses" yang disesuaikan dan E-modul interaktif. Namun, tantangan seperti kompleksitas penggunaan, masalah koneksi internet, dan kebutuhan akan penjelasan ulang dari pendidik perlu mendapat perhatian lebih lanjut untuk memaksimalkan efektivitas platform ini.
Copyrights © 2024