Telah dilakukan penelitian mengenai pengembangan instrumen Four-Tier Multiple Choice Test untuk mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran dari butir soal yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Model pengembangan penelitian ini mengikuti model ADDIE. Subjek penelitian terdiri dari 145 peserta didik XI MIPA SMAN 4 Banjarmasin. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen tes dan angket. Instrumen tes diuji coba dan dianalisis melalui tahap uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan. Diperoleh sebanyak 12 butir soal dinyatakan valid, memiliki reliabilitas instrumen sebesar 0,726 (reliabel), daya pembeda memiliki nilai diskriminasi lebih dari 0,30 (sedang-baik sekali), dan tingkat kesukaran yang baik (rendah-sedang). Instrumen tes memiliki tingkat keterbacaan yang baik sekali.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024