Journal of Banua Science Education
Vol. 5 No. 1 (2024)

KEPRAKTISAN APLIKASI ANDROID ETNOBOTANI TUMBUHAN OBAT TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA

Rahman, Aulia (Unknown)
Soendjoto, Mochamad Arief (Unknown)
Dharmono, Dharmono (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Inovasi sumber belajar menggunakan aplikasi android berbasis potensi lokal yang terdapat pada suatu daerah merupakan salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah dalam pembelajaran mata kuliah etnobotani. Penelitian pengembangan ini bertujuan menguji aplikasi android etnobotani tumbuhan obat terhadap keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Tahap-tahap pengembangan meliputi evaluasi diri, uji pakar, uji perorangan, uji kelompok kecil, uji lapangan. Jenis data yaitu data deskriptif, menggunakan instrumen keterbacaan, keterlaksanaan aplikasi android dan respon mahasiswa digunakan untuk kepraktisan isi, kepraktisan harapan dan aktual. Hasil penelitian menunjukan aplikasi android etnobotani tumbuhan obat yang telah dikembangkan dinyatakan sangat praktis berdasarkan uji perorangan aplikasi android ini dinyatakan sangat baik dengan rata-rata 93,59%. Aplikasi android etnobotani tumbuhan obat terhadap keterampilan berpikir kritis mahasiswa yang telah dikembangkan dinyatakan praktis karena hasil respon mahasiswa dengan rata-rata nilai 89,19% dengan kriteria sangat baik, hasil keterlaksanaan aplikasi android rata-rata 90,09% dengan kriteria sangat setuju. Berdasarkan hal tersebut aplikasi android yang dikembangkan sangat praktis digunakan dan memudahkan mahasiswa dalam pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JBSE

Publisher

Subject

Humanities Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Physics

Description

The Journal of Banua Science Education is a scientific journal published by the Master Program of Natural Science Education of Lambung Mangkurat University. The journal dissemination papers are written based on the study results and literature review in the sphere of natural science education, ...