Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan di SDN 28 Sawang, Kabupaten Aceh Utara, bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran melalui penggunaan media pembelajaran berbasis digital dan penyusunan asesmen autentik. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah kurangnya pemahaman guru mengenai kriteria dan pelaksanaan asesmen yang tepat, serta minimnya penguasaan terhadap aplikasi asesmen berbasis digital. Guru-guru juga mengalami kesulitan dalam menyusun instrumen asesmen autentik yang sesuai dengan karakteristik siswa. Untuk itu, kegiatan ini dirancang dalam beberapa tahapan yang meliputi pelatihan gaya belajar dan motivasi siswa, pembiasaan penggunaan media pembelajaran, serta workshop penyusunan aplikasi asesmen digital dan asesmen autentik.Metode pelaksanaan kegiatan ini menggunakan pendekatan In-service learning, yang menggabungkan teori dan pendampingan intensif. Pelatihan dilakukan dalam bentuk 4 tahap, yaitu: (1) Pengenalan gaya belajar dan motivasi, (2) Pendampingan penggunaan media pembelajaran, (3) Workshop penyusunan aplikasi asesmen berbasis digital, dan (4) Pendampingan penyusunan instrumen asesmen autentik. Proses evaluasi dilakukan melalui angket untuk mengukur kebermanfaatan kegiatan terhadap peningkatan keterampilan guru dalam menggunakan media dan teknologi dalam pembelajaran. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa guru-guru mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang penyusunan asesmen autentik yang praktis dan relevan dengan kebutuhan siswa. Selain itu, pemanfaatan media pembelajaran berbasis digital dan aplikasi asesmen memberikan dampak positif terhadap keterlibatan dan motivasi siswa dalam belajar. Dengan demikian, kegiatan ini berhasil meningkatkan keterampilan digital guru dan efektivitas pembelajaran di SDN 28 Sawang.
Copyrights © 2024