Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai tingkat kesadaran masyarakat terhadap pendidikan inklusi dan anak berkebutuhan khusus di suatu sekolah di Kalimantan Selatan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui penyebaran kuisioner kepada sejumlah responden yang terdiri dari guru serta orang tua/wali murid di sekolah tersebut. Fokus utama penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengetahuan, sikap, tindakan, dan partisipasimasyarakat terkait anak berkebutuhan khusus, serta untuk mengevaluasi sejauh mana kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pendidikan inklusi. Penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun pemahaman dasar mengenai anak berkebutuhan khusus sudah ada, sumber informasi yang tersedia mengenai pendidikan inklusi di lingkungan sekolah dan masyarakat masih terbatas. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam upaya peningkatan pemahaman dan kesadaran masyarakat mengenai pendidikan inklusi, serta mendorong implementasi kebijakan yang lebih efektif terkait pendidikan anak berkebutuhan khusus.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024