Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 6 No. 2 (2024): Journal on Teacher Education

Pengaruh Kondisi Ekonomi Orang Tua dan Lingkungan Sekolah terhadap Hasil Belajar Siswa SMPN 19 Kota Jambi

Febriyani, Tari (Unknown)
Arif Liputo, Muhammad (Unknown)
Sri Dwijayanti, Novia (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Siswa kurang bersemangat dalam belajar hal ini dipengaruhi oleh kondisi ekonomi orang tua dan lingkungan sekolah mereka sehingga menyebabkan sasil belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui pengaruh kondisi ekonomi dan lingkungan, terhadap hasil belajar siswa SMP 19 Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMPN 19 Kota Jambi tahun 2024. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain ex-post facto dan Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh pada 87 siswa kelas 9A, 9B, dan 9C. Data dikumpulkan melalui angket dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan orang tua tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Namun, lingkungan sekolah memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar, dengan nilai R Square sebesar 0,45 (45%), yang berarti lingkungan sekolah dapat menjelaskan 45% variasi dalam hasil belajar siswa SMPN 19 Kota Jambi, sementara 55% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...