Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 9 No. 3 (2023): Volume 09 No. 03 Juli 2023

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA DAN HASIL BELAJAR SISWA

Feni Damaianti (Universitas PGRI Palembang)
Erfan Ramadhani (Universitas PGRI Palembang)
Arief Kuswidyanarko (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif time token terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 81 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV A SD Negeri 81 Palembang yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data terdiri dari dua tahapan yaitu pretest dan posstest. Hasil uji reliabilitas butir instrumen diperoleh data pretest sebesar 0,763 dan posstest 0,766. Dari hasil analisis data yang diperoleh melalui uji faired sample T-test bahwa nilai signifikasi 0,18 > 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima dan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe token mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...