Pembelajaran masih menekankan penghafalan konsep materi terkait. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas model pembelajaran inquiry terhadap keterampilan berpikir kritis IPA siswa kelas V SDN Pandeanlamper 05 Semarang. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif dalam bentuk Pre Experimental Design. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah One-group Pretest- Posttest Design. Setelah diberikan perlakuan diperoleh nilai rata-rata 78,12 sedangkan untuk uji t diperoleh hasil sig (2-tailed) sebesar 0,000 dengan taraf signifikansi 5% maka diperoleh sig (2-tailed) < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inquiry efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis IPA siswa kelas V SDN Pandeanlamper 05 Semarang
Copyrights © 2023