Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 9 No. 04 (2023): Volume 09 No. 04 September 2023

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS IPA SISWA KELAS V SDN PANDEANLAMPER 05 SEMARANG

Eli Handayanti (Universitas PGRI Semarang)
Ferina Agustini (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang)
Choirul Huda (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Pembelajaran masih menekankan penghafalan konsep materi terkait. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas model pembelajaran inquiry terhadap keterampilan berpikir kritis IPA siswa kelas V SDN Pandeanlamper 05 Semarang. Jenis penelitian ini bersifat kuantitatif dalam bentuk Pre Experimental Design. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah One-group Pretest- Posttest Design. Setelah diberikan perlakuan diperoleh nilai rata-rata 78,12 sedangkan untuk uji t diperoleh hasil sig (2-tailed) sebesar 0,000 dengan taraf signifikansi 5% maka diperoleh sig (2-tailed) < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inquiry efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis IPA siswa kelas V SDN Pandeanlamper 05 Semarang

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...