Penelitian pengembangan didasari adanya permasalahan yaitu guru menyatakan bahwa belum mengetahui penggunaan media aplikasi powtoon, dalam menggunakan sumber dan media pembelajaran kurang bervariatif saat pembelajaran, dan belum sepenuhnya menggunakan media teknologi. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan powtoon pada Tema 9 Subtema 3 Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia Pembelajaran ke-3 dan mengetahui kelayakan penggunaan media pembelajaran powtoon dengan uji validasi kepada para ahli serta respon yang didapatkan dari peseta didik. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dan dilaksanakan di SDN Ciheuleut 1 Kota Bogor pada peserta didik kelas IV. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini berupa persentase uji validasi oleh validator ahli media sebesar 96%, berada dikualifikasi sangat layak digunakan. Ahli Bahasa memperoleh persentase sebesar 97%, berada dikualifikasi sangat layak digunakan. Ahli materi memperoleh 94,54%, berada dikualifikasi sangat layak digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran powtoon praktis dan layak untuk digunakan. Respon peserta didik memperoleh persentase 90% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil dinyatakan bahwa pengembangan video pembelajaran menggunakan powtoon dinyatakan layak digunakan oleh guru dan peserta didik saat pembelajaran di Sekolah Dasar.
Copyrights © 2023