Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus kualitatif. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebiasaan belajar siswa berprestasi secara non-akademik di Sekolah Dasar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A di SDN Polisi 1 Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa kebiasaan belajar pada salah satu siswa berprestasi non-akademik di SDN Polisi 1 Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023 memiliki kebiasaan belajar yang sangat baik ketika proses pembelajaran berlansung pada saat di rumah maupun di sekolah. Siswa berprestasi non-akademik merupakan siswa yang berprestasi juga di bidang akademik. Siswa berprestasi non-akademik memiliki jadwal belajar yang teratur, disiplin dalam belajar sejak dini, membuat catatan pelajaran yang telah dipelajari dengan tulisan rapih dan terstruktur, menggunakan waktu kosong untuk menyelesaikan tugas, memiliki fasilitas yang mendukung pembelajaran, ruang belajar yang nyaman baik di sekolah maupun di rumah, motivasi dan apresiasi yang diberikan oleh keluarga serta guru di sekolah dan senang berdiskusi dengan teman di kelasnya. Semua kebiasaan belajar yang baik pada siswa berprestasi non-akademik terjadi karena adanya bimbingan ketika melakukan pembelajaran yang dilakukan oleh orang tua maupun guru, sehingga hal inilah yang membuat siswa berprestasi dan menjadi siswa unggulan dalam bidang non-akademik maupun bidang akademik. Kata Kunci : Kebiasaan Belajar, Prestasi Non-Akademik
Copyrights © 2024